Jumat, 30 Juli 2010

SOL CAMPBELL: SI PEMAIN "GRATISAN"

Tahukah Anda bila klub-klub yang merekrut Sol Campbell tak pernah mengeluarkan uang sepeser pun untuk transfernya? Campbell sudah bermain di empat klub berbeda ditambah dua kali bermain di Arsenal. Kini, dirinya bakal bergabung dengan Newcastle United. 


Semua klub tersebut mendapatkan Campbell secara gratis. Pasalnya, selama 18 tahun karir sepakbolanya, Campbell berpindah klub saat kontraknya selesai. 

Campbell memulai karir profesionalnya di Tottenham Hotspur pada 1992. Hotspur mengambilnya dari tim yunior. Sudah tentu klub London Utara ini tak mengeluarkan apa-apa saat menarik Campbell ke level senior. 

Selama sembilan tahun, Campbell mengukuhkan sebagai pilar pertahanan Hotspur. Saat kontraknya selesai pada 2001, klub sudah menyodorkan kontrak baru dengan gaji tertinggi di klub. Karena negosiasi mentok, Campbell pergi dan menyeberang ke Arsenal, tetangga dekat sekaligus musuh bebuyutan Hotspur. Fans Hotspur menyebut Campbell sebagai Judas (Yudas) karena dianggap sebagai pengkhianat. 

Arsenal merekrut Campbell tanpa biaya. Mantan bek timnas ini bermain selama lima musim di Arsenal. Campbell meninggalkan Arsenal pada 2006. 

Ia kemudian melanjutkan karirnya bersama Portsmouth selama tiga musim. Portsmouth menjadi klub ketiga Campbell yang juga mendapatkannya secara gratis. 

Saat kontraknya selesai, ia berstatus bebas transfer dan bergabung dengan klub divisi dua Notts County. Namun, tak lama kemudian Campbell hengkang dan ditampung Arsenal. Ia mendapat kontrak jangka pendek. 

Setelah kompetisi berakhir, Campbell berstatus bebas transfer. Dan, Newcastle menjadi klub lima yang mendapatkan Campbell secara gratis bila pemain berusia 35 itu menandatangani kontraknya.


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar